Saturday, August 20, 2016

Belajar Menjahit Otodidak Dengan Mesin Jahit Jadul...Siapa Takut?

Pertamakali menjahit dengan mesin jahit adalah jaman saya kuliah, memakai mesin jahit jadul milik mama, dan sudah agak rewel. Kadang benangnya bundet diawal jahitan. Kadang benang lepas dari jepitan spulnya, trus stik panjang pendeknya juga susah diatur. Waktu itu mesinnya dipasang dinamo, sehingga nggak usah nggenjot, tinggal nginjak pedal gas saja. Tapi justru disitulah kesulitannya. Ngatur kecepatannya susah, dan kadang ada acara nyetrum pas diinjek. Kwkwkw…. Gak terima kali dianya diinjak-injak. Atau mungkin karena kwalitas dinamonya yang kurang bagus.

Trus suatu ketika dibongkar-bongkarlah si mesin jahit keluaran tahun ‘60an itu oleh bokap. Maksudnya mau dibenerin, dikira sama dengan mesin mobil kali. Setelah itu mangkrak deh sampai berkarat-karat. Ceritanya menerima bongkar tapi tidak terima pasang. Hehehe.. tepok jidat dong.




Singkat kata akhirnya nyokap mau beliin mesin jahit baru.. Asiik.. Dan karena waktu itu saya masih buta aksara tentang mesin jahit [sampai sekarangpun masih hehehe ], jadinya nurut saja nyokap mo beli yang seperti apa. Dan karena mama produk jadul, maka beliau juga kekeuh surekeuh tetep beli mesin yang model jadul (Lagi). Coba kejadiannya hari ini, pasti udah saya provokasi beli portable. Tapi kalo bener kejadiannya hari ini pasti jawaban nyokap “ya beli aja sendiri, kan sudah punya penghasilan sendiri!” kwkwkw.. Lagian nyokap juga sudah malas menjahit. Malas masukin benang ke jarum (padahal ada tu alat masukin benang ke lubang jarum) dan mama juga sudah tidak setelaten jaman muda dulu. Yaweslah. Tamat. Suk tak tuku dewe :p


Made in China.


Lanjut tentang mesin jahit baru tadi, nyokap sekalian beli dinamo yang baru juga. Dan ternyata saya tetep nggak bisa mengatur kecepatannya. Logikanya sih mengaturnya seperti ngatur pedal gas kalo nyetir mobil. Tapi beneran ini sulit. Bener-bener gak bisa nih nyetir mesin jahit. Ini pasti dinamonya yang error. Hahaha.. alasan. Mosok punya dinamo dua error semua. Apa bukan karena orangnya yang error? *pura-pura nggak tau* Akhirnya sudahlah. Lepaskan saja dinamonya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh.. hehehe.. AADC Mode-On. Padahal film AADC belum ada waktu itu. Halah, malah mbahas AADC. Back to mesin jadul.. so, mari belajar menggenjot saja. Dan wuiii.. ternyata terasa mudah banget. Untuk yang pemula banget kaya saya menjahit harus super pelan untuk meminimalisir kesalahan. Apalagi dibagian tricky seperti memasang lengan. Jadi akhirnya sampai detik ini, telah menghasilkan puluhan kostum anak-anak, juga belasan kostum saya sendiri, saya masih memakai mesin jahit jadul. Dan tetep dengan menggenjot ria.

Sudah berkarat-karat. But still workin eniwei.. hehehe..


Dari sini, pesan moralnya adalah.. *bukan pesan nasi, ya! Hehehe..* 
Bahwa, hai orang-orang beriman yang ingin belajar menjahit, tak usah risau ataupun ragu apabila kalian hanya punya mesin jahit jadul keramat warisan keluarga. Enjoy saja. Bila ada kemauan, dari situ pun bisa menghasilkan maha karya yang membanggakan.. So semangat saja ya.. Masalah obras, lubang kancing, wolsum/neci dll yang tidak bisa dikerjakan dengan mesin jadul, serahkan saja pada pakarnya alias toko alat jahit yang terima obras atau penjahit yang terima orderan obras. Tapi bila ada rizki berlebih boleh lah beli mesin jahit baru dan atau mesin obras, tentunya akan lebih memudahkan dan melancarkan dalam belajar.

Ini nih mesin jadulku.
Kalau mesin jahit portable baru jaman sekarang sudah ada lampu terpadu dengan mesinnya. Tapi kalau dengan mesin jadul? Ya gampang lah, tinggal dikasih lampu duduk manis :)






Let’s enjoy sewing.                      
                            
                            .. Amaya ..


No comments:

Post a Comment