Monday, August 29, 2016

Cara Menjahit Blouse Yang Sederhana Untuk Pemula; Blouse Lengan Setali.

Mungkin ada pertanyaan yang menggelitik di hati: Kenapa harus menjahit sendiri jika banyak tukang jahit, bahkan dengan ongkos yang terjangkau.
Jawabannya: Ya enggak harus sih..  Menjahit itu passion. Hobi. Ketelatenan. Selain  bisa juga menjadi profesi. Bagi mereka yang sama sekali tidak tertarik mungkin mending ngejahitin di penjahit saja, nggak ribet. Lebih nggak ribet lagi beli jadi saja. Kalo buat saya sih alasannya adalah : Ngirit. Ngirit atau pelit ya..? hahaha.. [hanya saya dan Tuhan yang tau]

Setelah saya menjadi mak-mak.. yang punya  anak perempuan kecil, yang setiap saat pengen rasanya ngedandanin pake rok yang bagus-bagus trus dikasih pita, trus dibungkus kertas kado.. Lho?, tiap kali ke toko dan lihat rok anak-anak bagus-bagus  rasanya pengen aja ngeborong.  Tapi hati ini rasanya selalu teriak  “Tak sudi aku membeli. Kalo cuma model begini saya juga bisa bikin” Hahaha.. songong amat yak saya. Kadang nekat beli, tapi dengan satu tujuan: pengen dijiplak model, pola dan ukurannya untuk dibuat tiruannya dengan kain yang saya punya. Lebih membanggakan dong kalau ada yang memuji baju anak kita bagus dan ternyata itu buatan bundanya.. Dan kelak selain kalimat pujian akan ada rentetan kalimat lain.. Boleh dong dibikinin juga.. atau Ikut ngejahitin boleh nggak? Atau.. kenapa nggak jadi penjahit saja… Hedeuh.. ngerjain 1 baju saja udah encok di pinggang.. Tapi salut buat para penjahit..yang bisa ngerjain banyak jahitan bahkan dalam tempo singkat..

Kalo saya jadi penjahit pengennya ada syaratnya: 
asal mas suami mau mbeliin mesin obras (semoga tulisan ini dibaca suami) trus boleh dikerjakan dalam tempo yang lama diselingi acara nonton film, males-malesan, jalan-jalan ke mall dan piknik ke pantai.. plus ongkos jahitnya dihargai mahal.. Hahaha… Kira-kira syarat yang terakhir tadi ada yang mau nggak? Heheh..
Pertama kali saya menjahit adalah waktu jaman kuliah. Kalau kembali ke pertanyaan awal tadi “kenapa menjahit sendiri?” adalah karena susah beli baju yang pas dengan bodi saya waktu itu. Kesian amat yah. Waktu itu saya kelewat kurus. Anehnya ngejahitin di penjahitpun hasilnya tetep tidak pas dengan kemauan saya. Jadi menjahit baju sendiri, kenapa tidak?? Lalu gimana caranya? Ya belajar, dong.. Kalau saya sih otodidak saja. Nggak kursus? Nggak usah, karena tidak ada waktu, sibuk kuliah, selebihnya bobok hehehe... Nggak dink.. Yang bener karena mama saya jago menjahit, jadi mubazir banget kalo saya kursus (bukan mama saya yang mubazir lho..) Jadi kursus sajalah sama mama. Nyokap dulu kan SMAnya sekolah menjahit, namanya SKKA Sekolah Kesejahteraan Keluarga tingkat Atas, kalau sekarang SMK. SMPnya sekolah masak, namanya SKKP Sekolah Kesejahteraan Keluarga tingkat Pertama. Wah bener-bener  wanita idaman pejabat hehehe… tapi dapatnya  bukan pejabat sih, mungkin karena kuliahnya IKIP Bahasa Inggris.. sehingga jadi wanita idaman PNS.. hehehe .

Tapi pada akhirnya nggak jadi juga saya kursus ke mama, karena begitu disuguhi angka-angka yang rumit dalam membuat pola saya langsung alergi, gatal-gatal, bersin-bersin, mata iritasi dan kelaparan.. Bleh.. ogah deh. Tapi tetep saya pengen bisa menjahit karena pingin memakai baju yang sesuai keinginan saya. Maka dengan bekal pengalaman pernah melihat mama menjahit *catat, garis bawahi, huruf tebal: waktu itu belum ada youtube ya..* kemudian tanya-tanya ini itu ke mama, maka nekat lah saya membuat satu blouse.

Jahitan pertama #1 dan ke #2 ku adalah blouse lengan setali. Ini model blouse yang simpel banget banget deh. Dan berhasil.
Kain yang digunakan adalah kain bekas baju mama..hahaha melas banget. Ya namanya baru belajar pakai kain alakadarnya dulu lah. Eh tapi kainnya masih bagus loh. Kain putih bersih dengan motif bordir kecil-kecil. Bekas rok mama dulu.  Yang kedua #2 pakai kain bekas blouse mama, berbahan kain paris tipis, masih inget warnanya coklat motif bunga kecil-kecil. Sayang tak terdokumentasi. Maklum jaman behula. Yang coklat itu sempat jalan-jalan ke Jakardeh lho, waktu kunjungan kampus ke Kejaksaan Agung. Nggak begitu kelihatan sih karena didobelin jas almamater hahaha.. jadi nggak ada yang lihat. Sempurna bukan?

Bentuk blouse lengan setali kurang lebih  seperti begini:





Blouse lengan setali ini sangat simple, yaitu blouse berlengan tetapi bagian lengannya tersambung dengan bahu tanpa jahitan, jadi memang tidak ada potongan. Blouse ini mudah dan cepat untuk dikerjakan. Hanya ada dua lembar kain saja untuk dijahit. Selembar bagian depan dan selembar bagian belakang, serta hanya memerlukan beberapa jahitan saja untuk menyatukannya.


Gabungkan di empat bagian saja. Satukan/jahit bagian pundak kanan dan kiri, dan satukan/jahit bagian badan samping kanan dan kiri.

Selebihnya bagian ujung lengan dan leher dilapisi bias tape. Atau bisa juga dilipat kecil lalu dijahit. Dah. Gitu aja. Bagian lubang leher ukurannya disesuaikan saja ya dengan ukuran kepala, karena blouse ini tidak memakai kancing ataupun retsleting. Jadi asal bisa dilewati kepala saja. 

Oh iya, tentang istilah jahit-menjahit coba nanti akan saya daftar dalam postingan lain. 

Let’s enjoy sewing.
  .. Amaya ..

No comments:

Post a Comment