Tuesday, September 20, 2016

Istilah-Istilah Umum Menjahit Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Sewing Terms) .

“Apalah arti sebuah nama”. Begitu kata William Shakespeare.
“Apalah arti sebuah istilah”. Begitu kata saya.
Selama ini, dari awal mulai saya menjahit jaman kuliah dulu sampai beberapa bulan yang lalu, saya tidak begitu perduli dengan istilah-istilah yang ada dalam dunia perjahitan. Istilah nggak penting. Yang penting saya bisa jahit. Titik. Bahkan saya tidak tahu yang namanya kampuh itu yang mana. Walaupun sering baca dan dengar tapi saya tidak pay atention lah, sampai pada suatu ketika saya mengobraskan jahitan baju ke toko jahitan. Mbak pelayan tokonya bertanya ”ini mau diobras dengan kampuh terbuka atau kampuh tertutup?” Jederrr.. nah lo.. Bengong-bengong deh saya, njuk aku kudu njawab piye?  Selama ini ngobrasin nggak pernah lho ditanya begitu. Ini mbak pelayannya baru nih. Tapi untungnya si embak rela menolong dan tabah. Rajin terampil dan gembira (hafal dong saya dasa darma pramuka kwkwkw... gak nyambung ya?). Jadi Mbaknya mau menerangkan dan akhirnya saya paham deh sambil tetep bengong.

Dan lanjut kemudian akhir-akhir ini saya getol menjelajah website-website crafting yang ternyata full dengan istilah-istilah perjahitan. Jadi rasanya perlu [penting] mempelajari arti dan makna yang tersimpan dibalik sebuah istilah hehehe... Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah  ternyata kita juga perlu tau padanan kata istilah tersebut dalam bahasa inggris karena website-website crafting  yang super duper keren itu kebanyakan website-website luar. Kereeen tutorial dan tips-tipsnya, foto-foto dan model-model bajunya top markotop.  Website lokal juga ada yang keren ya, cuma tidak terlalu banyak. Atau ada banyak, cuma saya aja yang kurang piknik, jadi ngga tau. Sutralah. Pokoknya banyak manfaatnya bila kita mengerti  istilah-istilah perjahitan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Di sini saya kumpulkan istilah-istilah dalam bahasa Indonesia yang kebetulan sering saya temukan ketika mulai mencermati website-website menjahit dan akan saya cantumkan pula padanan katanya dalam bahasa Inggris, lalu coba saya cari artinya. Ada yang copy paste, tapi ada yang coba saya terjemahkan sendiri. Jadi bila ada salah-salah mengertikan mohon dimaapken dan mohon koreksi, karena saya bukan ahli, tapi hanya senang sedang belajar crafting saja, siapa tahu bermanfaat..  Dan maaf ini urutan istilah-istilahnya tidak urut abjad seperti kamus, karena istilah-istilah tersebut asal langsung diketik saja waktu ketemu, dan akan saya update bila nemu lagi istilah-istilah baru. Yuk cekidot...
  • Kampuh (bahasa Inggris: seam allowens)
Ketika menyatukan bagian-bagian potongan kain dalam pembuatan busana misalnya menyatukan bahu muka dengan bahu belakang, sisi kiri muka dengan sisi kanan belakang maka sisa sambungan disebut kampuh. Jadi kampuh terletak antara garis jahitan hingga tepi potongan (pola) kain. Lebarnya antara 1,5 – 2 Cm.
  • Kupnat (bahasa Inggris: Darts)
Lipatan pada pakaian, biasanya dijahit membujur pada pinggang yang dimaksudkan supaya hasil jahitan bisa membentuk bodi atau mengikuti bentuk tubuh.
  • Bisban atau kain serong (bahasa Inggris: Bindding atau Bias Tape)
Yaitu pita untuk tepian kain atau penyelesaian/finishing tepi jahitan, yang dibuat dari kain yang dipotong bias, atau serong atau serat kainnya membentuk sudut 45 derajat. Bisa dibuat sendiri  tetapi bisa juga beli. Biasanya ada dijual di toko-toko alat jahit bahkan beraneka warna, tinggal pilih dan bayar :)
  • Ban pinggang (bahasa Inggris: waistband)
Terdapat pada rok dan celana. Fungsinya untuk mengapit garis pinggang sehingga rok atau celana tterlihat lebih rapih dan nyaman dikenakan. Terbuat dari bahan kain, dan dapat pula didalamnya diletakkan kain keras supaya bentuk lebih kokoh.
  • Pecah pola/pecah model (bahas Inggris :pattern drafting)
Menurut wikipedia: proses mengubah pola dasar menjadi pola yang lain yang sesuai dengan model busana (yang diinginkan).  Caranya antara lain dengan memindahkan lipit, memotong, menyambung atau memanjangkan dan memendekkan (menambahkan atau mengurangi  ukuran) pada bagian-bagian tertentu pada pola dasar.
  • Sisi bagus dan sisi buruk kain (bahasa Inggris: Right and Wrong sides of fabric)
Kebanyakan kain didisain ada sisi yang ditujukan untuk "terlihat" (sisi bagus) dan "tak terlihat" (sisi buruk). Masing-masing sisi seperti mempunyai warna dan tekstur yang berbeda. Jika kain anda adalah kain printing atau cap maka anda akan lebih mudah membedakan, sisi bagus kain akan tampak lebih terang/jelas motinya. Tetapi terkadang ada juga kain yang sangat sulit dikenali perbedaan keduanya. Dalam hal ini tidak masalah sisi mana yang akan anda pilih sebagai sisi bagus kain. Jadi: Right side atau sisi baik pada kain adalan sisi kain dengan motif atau pola yang hendak ditampilkan. kebalikannya adalah wrong side atau sisi buruk kain.
  • Penyelesaian tepi busana (Bahasa Inggris: Finish seam)
Setelah bagian-bagian kain dijahit/disambungkan maka kemudian dilanjutkan penyelesaian pada kampuh, supaya serat-serat kain tidak terburai. Ada beberapa macam; kampuh terbuka diobras, kampuh terbuka di setik kecil/ turn under seam finish/ a clean finish seam, kampuh tertutup diobras, stik balik / franch seam , kampuh pipih/flat felled seam , tusuk feston, digunting dengan gunting zig zag dll.
  • Keliman (bahasa Inggris: Hem)
Proses penyelesaian jahitan dibagian bawah yaitu bagian tepinya, misal bagian bawah rok, pinggiran bawah blouse atau kemeja, ujung lengan baju dan bagian bawah celana. Penyelesaiannya ada bermacam macam, diantaranya dengan cara dilipat 2 kali lalu dijahit, diobras lalu dilipat dan dijahit, di soom (jahit tangan), dineci atau wolsum, atau dipotong dengan gunting zigzag, dijahit dengan bias tape/kain serong dan lain lain.
  • Rampel/kerutan/lipitan (bahasa Inggris: Gather)
Adalah kerutan-kerutan pada kain yang sengaja dibuat dengan menggunakan jahitan baste (mode baste ini hampir selalu ada pada tiap mesin jahit. Kecuali mesih jahit jadul saya hehehe..). Setelah dijahit dengan mode baste tahan ujung benang dan tarik perlahan ujung benang yang lain, sehingga menjadikan efek kerutan. Bisa juga dilakukan dengan jahit tangan, dengan jarak tusukan yang lebar-lebar lalu tahan ujung benangnya dan geser kainnya denga tangan sehingga menjadikan efek kerutan-kerutan. Setelah itu bisa kita jahit dengan mesin agar kerutan menjadi permanen.
  • Jelujur (bahasa Inggris: Baste)
Bisa dilakukan dengan jahit tangan. Bisa juga dengan mesin jahit yang ada fasilitas/mode baste-nya. Jahitan ini adalah jahitan dengan jarak tusukan yang jauh dan longgar. Biasanya digunakan untuk jahitan sementara atau juga untuk membuat kerut pada kain.
  • Depun/teknik lapisan singkap (bahasa Inggris: Facing)
Adalah penyelesaian tepi busana dengan melapisi pinggiran kain dengan menggunakan kain lain yang dipotong sama dengan bentuk kain yang hendak dilapisi. Letaknya ada dibagian dalam (tidak terlihat dari luar) Misalnya seperti pada bagian leher, jika yang akan dilapisi bundar maka depunnya bundar juga. Bila segi empat maka depunnya juga segi empat. Lebar depun antara 3 - 4 Cm, atau sesuai keinginan.
Depun biasa digunakan pada leher dan lubang lengan.
  • Serip

Hampir seperti depun, hanya saja hasil lapisannya menghadap ke luar. Selain berfungsi untuk menyelesaikan tepian busana, serip juga dapat berfungsi untuk hiasan atau variasi, karena dapat juga menggunakan bahan kain dan warna yang berbeda. Sering digunakan pada garis leher, kerung lengan, ujung lengan ataupun pinggir dan bawah rok.

  • Bahan pelapis; ada 4 kelompok
  1. Underlining (lapisan bawah)
  2. Interfacing (lapisan dalam)
  3. Interlining (lapisan antara)
  4. Lining/furing (bahan pelapis)
  • Interfacing
Adalah lapisan dalam atau bahan pelapis busana, biasanya pada bagian-bagian tertentu saja. Ada banyak macam:
Ada yang tebal : untuk pengeras pinggang dan kerah.
Ada yang tipis: untuk bagian saku, depun leher, kerah, manset, bagian kancing atau lalpisan belahan.
Ada yang memlpunyai lem, yang cara merekatkannya dengan disetrika.
  • Furing/Bahan pelapis (bahasa Inggris: Lining)
Untuk menutupi bagian dalam pakaina. Disebut juga lapisan terakhir. Memberikan rasa nyaman hangat dan kehalusan terhadap kulit serta memberikan efek siluet yang sesuai.
  •  Spul (bahasa Inggris: Bobbin)
Bagian mesin jahit yang berfungsi sebagai pengisi benang bawah.
  • Sekoci 
Tempat meletakkan spul.
  • Jarum pentul (bahasa Inggris: Pin)
Merupakan alat yang berfungsi menahan kain pada tempat yang kita inginkan sebelum kita menjahitnya. Jarum pentul atau pin bisa tetap dipasang sambil dijahit, atau bisa juga diambil sesaat sebelum dijahit, tergantung cara kita meletakkan arah jarum pentulnya
  • Bantalan jarum (bahasa Inggris: Pin Cushion)
Adalah bantalan tempat meletakkan jarum-jarum agar tertata dan mudah digunakan. Bisa terbuat dari spons atau magnet atau bahan-bahan lain.

  • Tepi kain (bahasa Inggris: selvedge)

Tepi kain yang merupakan sisi penyelesaian dalam proses di pabrik, biasanya seperti tenunan yang dianyam sehingga menjadi lebih rapih dan serat/benangnya tidak mudah terburai. Dan biasanya juga di sisi tepi tersebut terdapat tulisan kode merk atau motif.
  • Arah lebar kain (bahasa Inggris: Row Edge)
Row edge arahnya tegak lurus dengan selvedge.
  • Arah panjang Kain (bahasa Inggris: straight grain)
Straight grain sejajar dengan selvedge.
Penting untuk dapat tahu dimana grainline/straight grain atau arah panjang kain untuk menentukan arah ketika anda akan meletakkan potongan-potongan pola secara tepat.


  • Arah serong (bahasa Inggris:Bias grain)
Bias grain arahnya diagonal atau membentuk sudut 45 derajat. 

  • Istilah dalam pengukuran.




Let's Enjoy Sewing..

  .. Amaya ..

16 comments:

  1. terimaksih atas artikel nya... :}

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya dong... Kalau perlengkapan Prakarya atau Crafting dalam bahasa Inggris... Apa saja ya? Thanks...

    ReplyDelete
  4. Makasiih artikelnya.. sangat berguna 👍.

    ReplyDelete
  5. Tepi kiti kanan kain namanya apa ya? Trimakasih

    ReplyDelete
  6. Hi amaya...love this topic!! But may i help you with the terms? Ada yg sedikit kurang tepat

    ReplyDelete
  7. -Kampuh= seam allowance
    -"Pattern drafting" and "pattern making" is the same, artinya membuat pola. Kalau pecah pola we usually call it "pattern manipulation" or at school bahasa sehari2nya we say "slash and open".
    -Rempel/lipitan = pleats
    -Kerutan = gathers
    -Jelujur = running stitch. Hampir tdk pernah pakai kata "baste" in school.
    -Sekoci = bobbin case.
    -Panjang muka = at school we usually call it "center front" or "CF" for short.
    -Panjang punggung = "center back" or "CF" for short.
    I learn all of those at fashion school. Semoga bermanfaat ya fashion people

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Baste" biasanya dipakai ketika kita jahit menggunakan mesin jahit tp jahitannya lebar2...utk membuat kerutan. Disitu lah kata "basting" dipakai

      Delete
    2. Kak, kalo arah serat dalam bahasa inggris apa ya kak? thanks!

      Delete
    3. Upah jahit apa istilah b.ing nya?

      Delete
  8. Welt dlm pembuatan celana pendek artinya apa

    ReplyDelete
  9. Informasi yang bagus ,terima kasih

    ReplyDelete