Thursday, October 20, 2016

Menjahit sleeveless dress anak super simpel.

Memasuki  jaman pasca punya anak..


Kira-kira apakah yang terjadi apabila ada ibuk-ibuk yang suka njahit punya bayi perempuan.. Yah, semua orang pasti tau lah jawabannya.. Ini bayi bisa dijadikan manekin hahaha.. Kejem amat yak.

Oke. Ini akan saya review baju anak saya pertama yang saya buat:
Ini baju hanya butuh kain ukuran sekitar 40 cm X 50 cm sebanyak 2 lembar. Ide modelnya dari mana? Tentu saja seperti  biasa dari nyontek baju yang suda ada.

Menjiplak baju batik oleh-oleh ayahnya. Sempat heran juga, ini bapak-bapak ganteng brewokan kok bisa milihin rok batik keren untuk bayinya. Dan ukurannya pas pulak.. Hmm.. *jadi terharu.* Lebay. Tapi kok belinya cuman satu ya?? *Nggak jadi terharu*

Lalu setelah diperhatikan, dibolak-balik, ditarik ulur (karena ada elastisnya), diendus-endus (ini beneran baru apa nggak), heheh oh masih bau toko kok. kwkwkw.. Ternyata eh ternyata.. polanya sangat sederhana pakai banget. Seneng dong, nih dress bayi bisa jadi bahan jiplakan proyek baju anak pertama saya.. Sebenernya udah bukan bayi ya, udah umur setahun lebih. Selama kurun waktu anak saya masih berstatus bayi saya nggak bisa njahit karena ni bayi susah tidur, jadi enggak bisa ditinggal-tinggal dan bundanya capek berat setiap saat.. Itulah bahagianya jadi emak.. I really miss those days.. 

Ini penampakan dress batiknya. Kebetulan barangnya masih ada, lalu cekrek..cekrek.. difoto dulu. Tapi karena tukang potonya amatiran jadi hasilnya seperti beda-beda nih warnanya.. Harap dipermaklum yak.. (hedeh, bahasanya ck..ck..ck..)






Yang ini penampakan dari dalam. Ada elastis di bagian leher. Dan dua baris elastis di bagian tengah (pinggang).
Polanya kurang lebih seperti ini. Maaf pola ala penjahit otodidak, jadi ala kadarnya gini deh.. 





Polanya mirip bentuk trapesium. 
Buat 2 potong pola kain berbentuk mirip trapesium, 1 untuk bagian depan dan 1untuk bagian belakang.

Cara menjahitnya: 
1. Bagian atas dikelim dulu ya teman. Arti istilah kelim ada [di sini] 
2. Beri elastis disepanjang bagian leher (depan dan belakang). 
3. Beri 2 baris elastis pada bagian tengah pada tiap lembar kain (kain trapesium tadi) Jarak antar baris elastis kurang lebih 3 cm.
4. Gabungkan bagian pudak kanan depan dengan belakang pada satu titik lalu jahit, pundak kiri depan dengan belakang dengan cara yang sama pula.
5. Gabungkan bagian samping kiri depan dengan belakang, samping kanan depan dengan belakang. (sisakan bagian lubang lengan ya, jangan digambung ntar nggak ada tangannya heheh..)
6. Tinggal finishingnya, lubang lengan dan bagian bawah di kelim.  Dah gitu sajah. So that simple.. tapi ketika sudah dipakai akan kelihatan tidak sesimpel itu, hehehe so beautiful.. :) at least menurut saya sih..


Hasilnya seperti berikut.. :)

Tampak samping.



Tampak belakang.

Hanya saja, bila elastik di pinggang terlalu ketat kadang setelah anak mengangkat tangan ke atas lalu kebawah akan membuat efek menggembung di bagian atas, hehehe.. harus diplorotin ke bawah secara manual supaya tidak menggembung :)


Let's enjoy sewing..

                            .. Amaya ..

No comments:

Post a Comment