Wednesday, October 19, 2016

Menjahit tiered skirt atau rok lipit bertingkat.

Tidak bisa bikin pola tidak masalah. Kalian bisa menjiplak baju yang kalian punya. Tinggal ngukur-ngukur baju favorit kalian atau dijiplak dengan kertas. Atau bisa saja, bila rela, bongkar baju kalian lalu contek polanya. Tetapi bongkar sebelah saja, misal bagian kiri dan biarkan bagian kanannya utuh supaya masih ada contoh teknik atau bentuk jahitan aslinya sehingga kalian bisa mencontohnya.

Jahitan saya setelah berhasil menjahit  A line skirt [di sini]  adalah tiered skirt atau mungkin dalam bahasa Indonesia apa ya... mungkin rok lipit bertingkat.

Rok ini adalah model rok jaman jebot. Yang kemudian ngetrend lagi disekitar awal tahun duaribuan. Suka dengan model rok ini karena selain waktu itu ngetrend kembali, juga karena membuat kesan lebih gemukan. Maklumlah saya kelewat slim..  Akhirnya saya beli rok ini, tapi belinya juga pas sudah mulai tidak ngetrend lagi hahaha.. Dan tentunya tak mungkin saya sia-siakan, rok ini akhirnya jadi model jiplakan saya untuk dibuat lagi dengan motif dan warna yang berbeda. Saya duplikat ulang sampai sekarang sudah ada 3 pcs duplikat. Yang terakhir pas lebaran kemarin, berbahan sifon warna hitam dengan bentuk dan ukuran yang sama persis. Hehehe.. rupanya saiya orang yang gagal move on dan anti revormasi akut, sudah belasan tahun lalu masih juga dibuat model yang sama kwkwk... 

Rok model ini butuh bahan kain yang banyak dan jahitannya pun puanjaang boo.. Dan ini, saya kerjakan tetep dengan mesin jahit jadul manual.. Strong, kan?  But it’s oke lah karena saya suka. Dan saya suka yang mode lebarnya nggak tanggung-tanggung. Yang super lebaaar sekalian, karena ada juga tiered skirt yang tidak terlalu lebar. Dan ternyata membuat tierd skirt atau rok lipit bertingkat yang super lebar ini ada lho rumusnya, yang tujuannya supaya perbandingan lebar tiap tingkatnya jatohnya pas, enak dilihat dan proporsional antar tingkatnya. Next time akan saya posting tersendiri tentang pola dan cara membuatnya. So wait ya.. J


Ini rok lipit bertingkat saya yang pertama saya buat. Bahan dari kain sifon bermotif.



Let's enjoy sewing..

 .. Amaya ..


No comments:

Post a Comment